Start Up : Cara membuat komputer windows lebih cepat

Apakah komputer rumah anda berjalan lambat? ada banyak kemungkinan alasan mengapa komputer windows berjalan sangat lambat, berikut ada beberapa tips untuk membuat proses kinerja komputer anda menjadi jauh lebih ringan termasuk saat proses booting start up.

1. Hapus file yang tidak terpakai

windows akan berjalan lebih cepat jika drive dibersihkan dari file yang tidak terpakai. file yang tidak terpakai biasanya file sementara, URL history, cookies, history bentuk dan file yang hadir dalam recycle bin. cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan menghapus file yang tidak terpakai di recycle bin dan lakukan juga menggunakan prainstal program disk cleanup.

2. Defragement hard drive

lakukanlah defragement disk secara teratur. anda bisa menggunakan utilitas yang sudah disediakan di windows. caranya : klik START dan ketik di pencarian Defragement disk. maka akan muncul seperti gambar di atas. lakukan Analyze disk terlebih dahulu, kemudian pilih Defragement disk.

3. Manual dengan memilih aplikasi otomatis startup

caranya pergi ke msconfig dengan menekan tombol START + R maka akan muncul program utilitas Run kemudian anda ketik msconfig.

kemudian pergi ke tab startup dan menonaktifkan program yang tidak diperlukan. anda hanya perlu memilih program yang sekiranya jarang atau tidak diperlukan oleh anda dengan cara men-disabel atau uncheck pada kotaknya.  contohnya seperti ini.
setelah itu klik pada tab Boot dan pilih Advance options. dan pilih berapa prosesor yang ingin anda gunakan saat proses booting berjalan.
disisi kanan layar terdapat bagian batas waktu, dan ubahlah menjadi kecil angkanya. misalnya 3 detik.

4. Metode lain (alternatif bios)

hidupkan komputer anda, tidak sleep atau hibernate. kemudian tekan tombol fungsi yang mengarahkan ke setup bios. biasanya ada tombol fungsi tertentu untuk masuk setup sesuai spesifik windows anda. kemudian setelah anda berada di setup bios, anda hanya akan menggunakan tombol panah, enter, esc untuk menavigasi melalui bios.

kemudian pindah ke tab Boot dan pilih prioritas boot atau urutan boot yang serupa. anda akan melihat 4 prioritas (floppy,CD,HDD,dan networking group atau yang serupa). pastikan bahwa kelompok HDD dalam prioritas pertama dan tidak ada salinan kelompok lain dalam prioritas yang berbeda. lalu tekan esc untuk keluar dan menyimpannya.


Blog, Updated at: 06:09:00